Selasa, 01 Januari 2013

MEMBUAT MAKANAN WALET SEDERHANA

Banyak cara membuat Pakan walet sederhana dengan biaya relatif murah. Sesuai pengalaman saya, saya tidak pernah membeli pakan walet yang dijual ditoko walet tetapi saya membuat sendiri. Beberapa macam pakan walet yag murah diantaranya sebagai berikut :



1. Tahu Anda pasti tahu yang namanya TAHU itu kan jenis makanan yang biasanya digoreng hahaaa... nah disini kita bisa memakai TAHU tersebut. Cara pakainya ? ya beli tahu misalkan Rp.5.000,- dipasar sebagian simpan di kulkas, sebagian dipakai untuk dioleskan di dalam Rovingroom. Kalau bisa dioles 2 meter di bawah lubang masuk di dalam rovingroom ;) dan di dekat spiker tarik. kalau tidak percaya lihat perkembangannya nanti. (karena tahu itu nanti kering di dinding dan otomatis bau amisnya tahu menjadi daya tarik serangga kecil untuk mendektinya nah termasuk juga burung walet akan tidak jauh untuk mencari makan hehee...

2. Buah-buahan (saya anjurkan cukup diluar gedung/diletakkan disamping pos monyet) Disini saya anjurkan memakai Buah LABU agar aromanya tidak terlalu menyengat.

3. Dedak (Bahasa kami namanya BULU) Ini bisa dicari di pabrik-pabrik beras disekitar tempat anda. Cara pakainya mudah sekali, cukup anda pisah antara DEDAK halus dan kasarnya ;) dengan memakai tampan/kain atau apalah sebutanny yang pasti antara Dedak halus sama yang kasarnya itu harus terpisah. Selanjutnya dedak halus itu kita masukkan kedalam baskom kecil dan ditaburi air secukupnya. Nah disini nanti akan menghasilkan kutu busuk lho ;) dirumah saya juga pakai cara ini. Jadi setiap kali saya masuk maka saya akan memberikan sedikit air di dedak tersebut...

Mudah mudahan ini bisa membantu bagi kawan-kawan ;)

Baca juga tulisan menarik lainnya

13 komentar:



  1. boleh tau kira2 brapa hari setelah tahu dioleskan, serangga berdatangan?. tksh..

    BalasHapus
  2. Selamat kenal bapak (ANONIM) hehe kalo bisa pakai nama asli pak.... hmmm... wah kalau itu saya tidak meneliti secara detail pak :D hehe... paling tidak semingguan tetapi jika baunya di dinding sudah agak amis asalkan kena embun sedikit saja bakalan rame tuh binatang serangga makanan waletnya hehe... kebiasaan jika saya oleskan tengah hari sorenya itu sudah muncul (itu kalo ditempat saya) ;)

    BalasHapus
  3. Tapi gemana klu di taruhkan labu,malah tupai yg duluan datang,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.... naruhnya jangan sembarangan kalo labunya bos... bisa dibuatkan tempat khusus misalkan kalo punya saya itu tempat bekas oli saya potong atasnya trus masukkan labu dalamnya, kasih RAM tikus untuk penutupnya, meletakkannya bisa di dinding RW atau dibaawah lubang masuk terserah hehe

      Hapus
    2. Gan..mendingan cara yg lain aja,yg penting mendatangkan serangga yg banyak,saya pakai tahu,malah it sangat di sukai tikus ma tupae..wkwkwk,mendingan kta goreng z lau tahunya,hahaha

      Hapus
  4. bang minta dong suara panggil nya

    BalasHapus
  5. @Bouer Sasak : Hahaaaa.... terserah agan pilih yang mana,, yg penting serangga pada datang..

    @Mah mud: Boleh pak...

    @adhie syah putra : hehe... Trimakasih udah mampir..

    BalasHapus
  6. saya mau coba, thanks infonya

    BalasHapus
  7. brooo.. lobang yg bagus tuk pintu masuk nya brapa sih... soalnya saya bikin 3 lobang?

    BalasHapus
  8. bro,lobang masuk or pintu walet bagus nya da brapa? soalnya saya punya 3 pintu masuk... tlong info?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Uye amat: Yang paling bagus itu penelitian saya cukup pakek 1 pintu masuk bos.. dan menghadap ke arah burung pulang.. ;) dulu waktu awal buat saya pakek 2 LMB ukuran 60x40 tapi 4 tahun berlalu LMB sebelahnya saya tutup dan yg satunya saya besarin jadi 120x80.. efeknya Anakan BW tetap aman.. paling tidak bisa bertahan lah soalnya di bangunan kiri kanan tempat sy pada tinggi2 dan lebar2.. ini cuman untuk mengimbangi saja...

      Hapus
  9. mas Muhti hida bisa gak Share suara piyik,kawin,birahi, masing2 dipisahin... maaf sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suara piyik,kawin,birahi lengkap kok mbak koleksi saya... hanya saja blom ada waktu buat upload hee

      Hapus

Berkomentarlah dgn bijak dan sopan, mari kita berdiskusi disini ;) | • Berilah komentar yang relevan dengan artikel | • No SARA, SPAM, JUNK atau Live Link |
• Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan