Selasa, 12 Februari 2013

MENURUNKAN SUHU RUANGAN

Suhu ruangan yang panas akibat dari musim kemarau yang berkepanjangan bisa juga faktor lain dan seperti pemakaian atap rumah/gedung yag memakai seng dsb.. Tetapi kita jangan pasrah sampai disini dan menerima keadaan begitu saja :)
Ok langsung saja jika dirasa ruangan rumah burung waletnya terlalu panas (bisa dicek menggunakan alat pengukur suhu dan kelembapan) nah bisa dilakukan dengan memberikan mesin pengkabut atau mesin pengembun.. harganya sekarang 1,3 jt terbukti ampuh untuk menurunkan suhu ruangan. Dan ditempat saya ini kan cuman memakai lapisan papan+papan tidak dikasih busa atau styrofoam jadi untuk kelembabannya susah diatur. Experimen saya tahun lalu untuk mengatasinya saya tutup lubang pentilasinya ada udara tidak terlalu masuk kedalam ruangan dan cukup menggunakan retakan dinding papan saja untuk pentilasinya heee..


Bagaimana dengan membuat sumur atau kolam di dalam ruangan, apakah juga perlu ??

Jika dirasa untuk kelembapan kita pakai sumur atau kolam yang silahkan saja, tetapi efeknya nanti jika burungnya sudah banyak maka kotorannya akan menumpuk di dalam sumur atau kolam itu dan akan membuat bau tidak sedap takutnya nanti burung tidak betah dan memilih gedung tempat lain, apalagi jika terlalu lama itu nanti berefek ke sarangya menjadi agak kekuning-kuningan hehe...

Saya sarankan cukup memakai kipas angin yang harganya 50 ribuan itu saja (tembak ke dalam baskom yang berisi air) nah kipasnya kasih timer yang berhenti jika tepat jam 10 malam, ini pengalaman saya) jika ingin mencoba silahkan saja karena di tempat saya tidak masalah kipas angin ada dalam rumah waletnya hehe..
Ini alternatif jika tidak bisa membeli mesin pengkabut atau mesin pengembun kasarnya bisa dibilang keuangan terbatas.

Semoga ini bermanfaat buat semuanya, belajar dan trus belajar:)

Baca juga tulisan menarik lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dgn bijak dan sopan, mari kita berdiskusi disini ;) | • Berilah komentar yang relevan dengan artikel | • No SARA, SPAM, JUNK atau Live Link |
• Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan