Senin, 31 Desember 2012

RUMAH WALET SEDERHANA DARI KAYU

Jujur saja, saya terpaku melihat RBW teman saya tepat di sebelah kantor tempat saya bekerja pada tahun 2010 dulu. Al hasil dari pada itu saya langsung kepincut pengen buatin juga tepatnya dirumah kami,,
dengan 1 ruangan saja. Harap dimaklumi saya adalah orang menengah kebawah, bahkan bangunan rumah sawang walet yang saya buat itu terbuat dari kayu saja, dan tepatnya ditempat saya di kuripan sekarang saya rasa menjadi sentra walet, setelah jenamas karena disini sudah 20 lebih RBW. dan yang paling lucunya Rumah Walet yang saya buat itu kualitas bangunannya dibawah standart hehe... Alhamdulillah ada aja burung waletnya yag menempati... hehe.. ;)

Tahap pembangunan rumah
Dan Selesai pembangunan pertengahan bulan 6 2011

Baca juga tulisan menarik lainnya

11 komentar:

  1. ide yg bagus, dg keterbatasan modal saya juga pengen coba cara ini. moga aja berhasil.
    trimakasih atas infonya. salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab gan ;)... saya mendukung niat anda.... dan nanti kalau kesulitan dalam pembuatan,tata ruang, tata letak sirip dll.. email saya aja,,, nanti saya akan bantuin sesuai dengan pengalaman saya ;)... RW saya itu menghabiskan dana sekitar 20jtaan aja hehe

      Hapus
  2. Rizal : maaf mas admin, nama sy diblogger diset ke admin, karena sebenarnya jarang ngoment di blog lain,,, saya cmn mau tanya, sekarang ini sy mau usaha sarang walet, tapi nyatanya di daerah saya cmn ada sriti (diliht dari sarang yg ada, terbuat dari rumput, air liur hanya digunakan utk menempel sarang ke dinding), apa bisa saya pancing walet asli datang ke gedung yang saya buat??? mengingat harga sarang walet asli lebih tinggi dari sriti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh... Salam kenal mas Rizal hehe.. tidak masalah [pak ;) Insyaallah bisa pak,,, Buatin gedungnya sesuai paling tidak mendekati habitat asli walet dan bunyikan suara walet (nanti saya kasih asal bangunannya ada pak ) dan untuk mempercepat perkembangan rumah waletnya bisa dengan sistem penetasan telur walet di dalam sarang sriti pak hehe... untuk beli telur waletnya bisa di BOS"(MASTER"WALET) yang punya gedung melebihi satu kebiasaan mereka panen rampas buang telur pak... hehe..

      Hapus
  3. makasih mas bro atas sarannya. tapi sy sempat mendengar katanya jual beli saran walet sekarang ilegal yah,,, jadi sempat membuat semangat saya mundur untuk usaha,,, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ma'af baru balas pak,, Memang sebagian demikian, coba aja anda bayangkan pajak kita dalam 100 persen penerimaan paling'' yg disetorkan aparat itu cuman 20 persen pak dan itu sudah tidak bisa dibohongin lagi.. Contoh yang kedua Saudara saya sempat pernah jadi TKW ke thailand, kata beliau minta ampun pajaknya negara kita ini,,, ujung"nya kan gayus-gayus yang lain yg makannya.... lebih baik di manfaatkan buat nyumbang mesjid/rumah ibadah yang lainnya yg lebih bermanfaat (ini pemikiran saya). Jika bapak nantinya membuat RWB silahkan hubungi saya hehe... saya akan membantu bapak.. tanpa imbalan sepersenpun... karena saya tahu, lewat jalan inilah saya bisa berbagi pemikiran,pengalaman yg saya peroleh. ;)

      Hapus
  4. blh minta suara panggilnya bang aku juga pemula

    BalasHapus
  5. Salam,
    Saya baru saja memulai membuat Rumah Walet, lokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Yang agak membuat saya bingung, yaitu bagaimana sebaiknya untuk atap rumah walet, apakah menggunakan atap seng atau sebaiknya atap beton.??

    BalasHapus
  6. Selamat malam agan-agan semua... Salam kenal, selamat berkunjung diblog sederhana ini.. Ma'af jika lama menunggu balasan dari saya..

    @Bapak Mahmud: Boleh saja pak.. sampean langsung ke email saya aja lebih gampang kok..

    @More Effect Code : Bapak janga mengikuti RW punya saya yang memakai atap SENG hehe.. karena jika musim kemarau akan sangat panas sekali pak... saran saya pakai ESBES/GENTENG/BETON saja pak...
    Pakai atap SENG saja saya putar otak mengakali supaya suhu didalam ruangan bisa mendekati normal heee

    BalasHapus

Berkomentarlah dgn bijak dan sopan, mari kita berdiskusi disini ;) | • Berilah komentar yang relevan dengan artikel | • No SARA, SPAM, JUNK atau Live Link |
• Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan