Selasa, 01 Januari 2013

ASAP MEMBUAT BURUNG WALET KABUR ??

Mendengar kata" asap itu membuat hati saya gundah, tapi itu 1 tahun yang lalu. Saya bercerita singkat dulu waktu membuat POS MONYET (KOTAK SABUN)dekat banget sama DAPUR tetangga sebelah, 6,5 Meter dari lokasi dapurnya ke atas (maksudnya dari atap rumah tetangga)
Apakah ada pengaruhnya terhadap Rumah Walet saya ?
jawabannya sih mungkin iya
Kenapa ?
Karena saya lihat kalau ada asap pembuangan rumah tetangga itu muncul pas waktu burung walet pulang.
Trus gimana saya mengakalinya ?
Saya langsung membeli KIPAS ANGIN AC/DC yang dimasukkan ke pipa pentilasi (Pipa PVCnya seukuran pipa pembuangan WC, trus saya buat pentisali di Rovingroom (Pos Monyet) dengan arah kipas itu menyedot udara yang ada di dalam Rovingroom (pos monyetnya tadi). Dengan memasang kipas ini diharapkan dapat membuang udara kotor pembuangan ASAP TETANGGA sebelah tadi, dan terakhir agar udara kotor yang disedot tadi tidak menumpuk diloteng rumah maka saya buka dinding loteng sedikit dan saya letakkan juga kipas angin dengan tujuan agar udara di dalam loteng dapat tersedot keluar hehe....
Dilihat setelah pemasangan itu, kayaknya burung walet betah keluar masuk gedung (Rovingroom) di tempat saya.
Yang pastinya saran saya perhitungkan dulu jarak antara pos monyet dan DAPUR tetangga, sedikit banyaknya ada efeknya lho ;D Karena dikhwatirkan ASAP kotor itu masuk ke dalam ruang inap (wah bisa kacau entar :D)....
Semoga artikel ini berman'af buat semua peternak walet (pemula). Ingat pesan saya pelajari sendiri jangan mengharapkan orang lain untuk merawat/memelihara gedung walet anda. Sukses walet...!!!!

Baca juga tulisan menarik lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dgn bijak dan sopan, mari kita berdiskusi disini ;) | • Berilah komentar yang relevan dengan artikel | • No SARA, SPAM, JUNK atau Live Link |
• Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan